Searching...
Senin, 05 Juni 2017

Jadilah Solusi, Buat Startup untuk Menyelesaikan Masalah

Ini adalah kedua kalinya aku ikut dalam 1000 startup digital. Hal yang aku suka dari acara ini adalah aku bisa berkumpul dan berbagi dengan teman-teman penggiat startup yang luar biasa. Tidak hanya itu, aku juga mendapatkan ilmu yang sangat berharga dari para mentor di 1000 startup digital yang ahli di bidangnya. Kemarin tepatnya tanggal 3 Juni 2017 ada acara ignition 1000 startup digital surabaya second wave di universitas ciputra. Banyak sekali yang saya dapatkan dari acara tersebut. Mulai dari informasi tentang kondisi negara kita dan negara lain, masalah2 yang ada di indonesia, hingga banyak ide-ide baru yang bermunculan setelah acara tersebut. Namun hal yang ingin aku bahas adalah sebuah pola pikir yang menurutku sangat bagus.

“Jadilah Solusi, Buat Startup untuk Menyelesaikan Masalah”. Kalimat itu terlihat sederhana namun memiliki arti yang sangat dalam. Pola pikir seperti ini yang seharusnya dimiliki oleh setiap founder atau calon founder dari sebuah startup. Jangan membuat startup yang tidak menyelesaikan masalah apapun. Buat startup karena kita tau ada masalah yang harus diselesaikan dan startup kita datang untuk menjadi solusi bagi masalah tersebut.Masalah yang ingin diselesaikan tidak harus masalah yang cukup besar, kita bisa melihat mulai dari diri sendiri dan lingkungan sekitar kita. Hal yang kita suka atau tidak kita suka, hal yang merepotkan atau menjengkelkan bagi kita dan sebagainya. Jika kita bisa melihat dengan jeli, maka berbagai masalah tersebut akan memunculkan ide-ide solusi baru yang bisa kita gunakan sebagai dasar untuk kita membuat startup.

Selain diri sendiri negara kita juga memiliki banyak masalah yang bisa kita selesaikan. Indonesia merupakan negara berkembang yang memiliki banyak penduduk yang terbagi di berbagai pulau dari sabang sampai merauke. Dengan banyaknya penduduk dengan berbagai keberagaman itu indonesia memiliki berbagai masalah yang belum terselesaikan. Ini merupakan kesempatan bagi para startup founder untuk membangun sebuah startup yang dapat menyelesaikan masalah-masalah yang ada di indonesia.

Memiliki sebuah startup memang terlihat keren, apalagi kalau startup kita sekelas go-jek atau tokopedia. Menjadi sebuah kebanggan yang luar biasa jika kita memiliki startup yang sekelas dengan google atau facebook disamping nilai dolar yang kita dapatkan. Namun yang perlu diketahui di awal bahwa membuat startup tidak mudah dan butuh proses yang cukup panjang. Di setiap fase dalam pembuatan startup. Jika tujuan kita dalam membuat startup salah, maka bukan tidak mungkin startup kita tidak akan bertahan lama.

Startup yang menjadi solusi atas sebuah permasalahan, maka akan selalu ada user yang menggunakannya. Jika user merasa masalahnya terselesaikan dan mendapatkan dampak positif dari startup kita, maka user akan berubah menjadi customer yang tidak akan segan untuk membayar ke startup kita. Ini yang sering dinamakan “win-win solution” customer kita mendapatkan manfaatnya dan startup kita bisa sustain.

So buat untuk teman-teman,

Jadilah Solusi, Buat Startup untuk Menyelesaikan Masalah.

Untuk melihat Karya-Karya Unik khas Indonesia, kamu bisa kunjungi website mariberkarya :
https://www.mariberkarya.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Back to top!