Searching...
Sabtu, 10 Agustus 2013

Programming


Sekitar 3 tahun yang lalu aku baru mengenal yang namanya pemrograman. Pemrograman bagiku merupakan sebuah hal yang susah, tidak hanya aku, teman-temanku pun berfikir begitu. Namun aku melihat sesuatu yang berbeda. Tugas pertama saat kuliah tentang pemrograman yang kuterima adalah membuat pembacaan file .txt dan menjadikan rata kiri, kanan, kiri-kanan dan tengah. Bagi yang lain mungkin mereka lihat hal tersebut sebagai beban, namun q melihat itu sebagai tantangan yang seolah-olah berkata padaku "Hei, loe bisa ga nylesaikan tgas ini. Klo loe g bisa pulang aja deh ke kampung halaman." Mungkin itu yg menjadikan aku bersemangat saat menyelesaikannya. (Oh ya, aku kuliah di Malang dan tmpat tinggalku d Lamongan :) )

Jika ada pertanyaan "Apa sih yang dibutuhkan agar bisa belajar pemrograman / programming dengan cepat ?". Mungkin jawaban aku adalah "suka" dan "tantangan".

Apapun kegiatan atau hal yang kamu sukai pasti kamu melakukan hal itu juga dengan senang hati. Nah, sesuatu yang membuat kamu senang itulah yang akan dengan mudah dan cepat masuk ke pikiranmu. Sebagian besar koki yang pintar masak pasti menyukai masak, begitu pula sebagian besar orang yang pintar main DOTA pasti dia menyukai DOTA. (btw, DOTA itu game). Ya begitulah, kalau misalkan kamu tidak menemukan kesukaan dalam belajar programming, mending jangan belajar programming deh.

Yang kedua yaitu tantangan. Berapa banyak orang yang menganggap sesuatu yang berat itu sebagai beban. Hanya sedikit mereka yang menganggap sesuatu itu adalah sebuah tantangan. Biasanya mereka yang menganggap sesuatu hal sebagai suatu tantangan mereka akan berusaha sekuat tenaga untuk mengerjakannya. Begitu pula dengan programming. Jika kalian hanya menemukan beban, beban, dan semuanya terasa beban berat dan tidak menemukan sama sekali dalam programming, mending jangan belajar programming deh.
:)

Nah untuk yang masih mau belajar programming, kalian pelajari aja algoritma dan logika. Bukan teori loh ya, tapi bagaimana itu diterapkan dalam programming. Saat membuat aplikasi dengan programming, maka jadilah program itu. Dengan begitu kamu akan tau bagaimana jalannya dan bagaimana menerapkannya di programming.

Selain itu perbanyak link, bukan link yang ada di web ya. Atau bisa dibilang network atau jarigan. Maksud aku perbanyak kenalan kamu, bertemanlah dengan banyak orang. Mungkin sebagian dari mereka bisa berbagi pengalaman kepada Anda. (kok jadi "Anda"). Pengalaman mereka penting untuk pelajaran bagimu untuk mengembangkan kemampuan programmingmu.

Intinya apapun yang kamu pelajari, sukai itu lalu anggap semua yang berhubungan dengan itu sebagai tantangan dan perbanyak network.

So, itu yg ada dalam pikiranku

Untuk melihat Karya-Karya Unik khas Indonesia, kamu bisa kunjungi website mariberkarya :
https://www.mariberkarya.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Back to top!