Searching...
Kamis, 01 Agustus 2013

Belajar


Belajar merupakan hal yang tidak asing bagi kita. Namun yang banyak dipikirkan kebanyakan orang tentang belajar adalah duduk di bangku sekolah dan mendengarkan guru ceramah, atau membuka-buka buku saat malam sebelum ujian.

Jarang dari mereka berfikir bahwa semua yang kita lakukan dalam kegiatan sehari-hari itu merupakan sebuah pembelajaran. Darimana kita bisa berjalan kalau tidak belajar, bagaimana kita dapat berkomunikasi jika tidak dengan belajar, bagaimana kita bisa mengendarai sepeda jika tidak belajar?

Di dalam sekolah itu kita hanya akan diberi tau diajari tentang pelajaran yang mungkin jarang kita temui di kehidupan. Menurutku itu penting tapi pelajaran tentang kehidupan juga penting. Mengapa ??

Seperti aku, orang jawa yang masih belum bisa bahasa jawa halus (kromo) sementara teman-temanku sangat mahir. Jika berbicara dengan orang yang q hormati, q lebih memilih menggunakan bahasa indonesia. hehe

Kenapa seperti itu??
Padahal mungkin aku dan teman-temanku sama2 tidak mendapatkan pendidikan bahasa jawa halus di sekolah..
menurutku itu karena lingkunganku jarang memakai bahasa itu, sehingga pelajaran yang aku dapat mungkin hanya sedikit atau bahkan tidak sama sekali.

Contoh lain lagi, contoh yang paling gampang adalah bagaimana aku tau cara membuat blog dan cara menulis di blog ini. Di sekolah maupun kampus aku tidak ada pelajaran tentang blog.
Dan tidak mungkin aku bisa tau tanpa aku belajar.
So, belajarlah kalian dimanapun kalian berada. Karena belajar tidak hanya di sekolah belaar bisa dimana saja.

Sering waktu di bis, aku bertemu dengan pengamen jalanan yang memetik gitarnya di bis dengan membawakan sebuah lagu. Banyak juga diantara mereka yang masih kecil, mungkin masih seumuran anak sd lah namun mereka mahir bermain gitar. Dalam hati aku berfikir, Ternyata pengamen ini lebih hebat dari aku, aku yang menempuh pendidikan hdari sd, smp, sma hingga perguruan tinggi sampai sekarang belum bisa juga bermain gitar sehebat mereka.

Ya, itulah kehidupan. Mengapa ada saja orang yang jauh lebih baik dari kita dalam beberapa hal. Menurutku karena mereka belajar. Mereka menghabiskan waktunya untuk belajar hal tersebut, sementara kita menghabiskan waktu kita untuk mempelajari yang lain.

But, don't worry. Keep smile because everyone have an ability that other people don't have.
Begitulah pokoknya.. :D

Untuk melihat Karya-Karya Unik khas Indonesia, kamu bisa kunjungi website mariberkarya :
https://www.mariberkarya.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Back to top!